Calon Jemaah Haji Diimbau Tak Perlu Bawa Banyak Uang, Ini Alasannya

uang haji

Share This Post

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on telegram

TRAVEL UMROH | Ketua Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi, Ahmad Dumyati, mengimbau calon jemaah haji agar tidak perlu membawa banyak uang saat beribadah di Masjidil Haram.

“Kepada jemaah jangan bawa banyak uang untuk menghindari hal-hal yang tidak kita inginkan bersama,” ungkapnya saat ditemui di sela penyambutan kloter perdana yang masuk Makkah, Kamis (26/07) kemarin di Hotel Al Kiswah, yang masuk Sektor XI di wilayah Jarwal. Sebagaimana dikutip dari ummatpos.

Pihaknya juga mengingatkan, karakteristik geografis Makkah berbeda dengan Madinah. “Kalau Madinah berada dalam ringroad, sementara Makkah cenderung tersebar, lebih luas dengan dataran naik turun,” jelasnya. Karenanya, kemungkinan jemaah lupa jalan pulang ke hotel lebih besar.

Sebelumnya, Kepala Bidang Perlindungan Jemaah (Linjam) Haji Daerah Kerja Madinah, Maskat Ali Jasmun mengatakan banyaknya jemaah haji yang tersesat di Masjid Nabawi kerap dimanfaatkan oleh pelaku kejahatan penipuan.

Biasanya, menurut dia, jemaah haji asal Indonesia ditipu dengan berpura-pura membantu mereka yang tersesat.

“Pura-pura bantu yang kesasar, diantar menggunakan mobil. Pandai sekali menggunakan bahasa yang sama sehingga jemaah percaya tapi ujung-ujungnya ambil uang jemaah,” kata Maskat.

Untuk itu, dia mengimbau jemaah tidak mudah menerima bantuan tanpa ada kejelasan identitas pihak penolong.

Selain itu, jemaah haji yang tersesat bisa mencari petugas haji Indonesia.

Ciri-ciri petugas Indonesia bisa dikenali dari seragamnya.

Jemaah calon haji juga diimbau agar mencatat nomor Call Center dan WhatsApp Center petugas haji agar mudah hubungi jika butuh bantuan. Nomor yang dapat dihubungi sebagai berikut: Call Center Haji 9200 13210 dan WhatsApp Center Haji pada nomor 050 350 0017. [ wesaltravel.id ]

Baca Artikel Lainnya

Mau Umroh Atau Haji Dengan Harga Promo ?

Klik Tombol Dibawah Ini